21.2.10

Orangtua atau wali Murid, harap dampingi anak/adik/sepupu/keponakan Anda saat mengerjakan LKSnya!

Beberapa hari yang lalu baru aja ngecek LKS bahasa Indonesianya Bagas.
Salah satu materi reading comprehension adalah sebuah dongeng.
Begini isinya.

Dahulu kala di Pulau Jawa berdiri sebuah kerajaan yang aman dan sejahtera. Rajanya bernama Prabu Mundingwangi. Ia adalah raja yang gagah perkasa, tampan dan baik hati. Permaisurinya bernama Dewi Rembulan yang arif dan bijaksana. Mereka berdua dikaruniai seoran Putri bernama Dewi Kadita. Sang Prabu mempunyai selir bernama Dewi Mutiara yang mempunyai watak kurang baik. Hatinya selalu diliputi iri kepada permaisuri dan sang Putri. Ia menyuruh seorang nenek jahat untuk mengubah Dewi Rembulan dan Dewi Kadita menjadi buruk rupa. Nenek jahat berhasil membuat mereka menjadi buruk rupa, sehingga Sang raja menyuruh prajurit untuk membuang permaisuri dan anaknya ke hutan.


WHAT THE ... ????!!!!
Raja ganteng punya istri bijaksana dan anak cantik, lalu dibuang begitu mereka jadi jelek??? Ini tuh LKS anak SD apa script iklan skincare sih?! Oh, tunggu dulu. Masih ada kelanjutannya.

7. Watak Prabu Mundingwangi pada cerita di atas adalah ...
a. Sombong
b. Baik hati
c. Budi luhur
d. Iri dan dengki


Bagas melingkari pilihan: A. sombong
yang langsung gw berondong pertanyaan: "Kenapa A? kenapa bukan B atau C atau D?"
dan dia menjawab "karena dia udah jahat buang anak istri sendiri, nggak ada pilihan lain sih selain sombong. Iri dan dengki kan punyanya si selir"
:)
Kalo di fesbuk udah gw kasih jempol lah pokoknya.

Beberapa malam pun berlalu.
Tadi, gw meriksa LKSnya Bagas lagi. Iseng, gw liat lah section sebelumnya.
di sebelah kiri nomer tujuh, bertengger ciamik dalam warna merah sebuah tanda X yang berarti salah. Di pilihan jawaban, bulatan merah melingkari pilihan B untuk menandai pilihan jawaban yang seharusnya.

*^&^%^%$$%*&*^$%#@#@#^&^$% ???!!!!

Coba bayangkan kalau dongengnya dibalik.
Ada Patih yang jatuh cinta pada sang Permaisuri. Lalu ia pun mengguna-guna Raja sehingga Raja yang tadinya seganteng Tio Pakusadewo berubah jadi seperti pemeran utama The Hunchback of Notredame. Permaisuri menjadi berpindah hati pada sang patih yang seganteng Ferry Salim.

Perilaku sang permasuri dalam cerita di atas adalah ...

Gw curiga kunci jawaban akan mengatakan kata sifat yang negatif.
Bah.

Well, terlepas dari siapa membuang siapa, nggak seharusnya kan dongeng yang mempromosikan kekerasan terhadap perempuan dan anak2 begini muncul di LKS anak SD?
Maka, pesan moral dari gw sih udah bisa dibaca sendiri tuh di judul post.

4 opinion(s):

Tiara a.k.a Qbow said...

hahaha. like this so much!
itu yang bikin LKS kayaknya orang yang ngga lolos jadi pembuat script sinetron ga jelas gitu deh.

katanyasihkerja said...

ah tapi lu seneng juga tuh nonton yang ga jelas ga jelas gitu ...

minomino said...

setuju!
kisah yang sangat sinetron -.-"

Bagas said...

Akhirnya, diantara semua blog keluarga taktontong ternyata ada nama gua juga wkwkwk

 
Header image by oPHy
Template by suckmylolly.com